Minggu, 07 Juni 2020

SAGUSABLOG

Pengalaman belajar ngeblog dengan IGI




SAGUSABLOG adalah salah satu Program Kegiatan Pembelajaran yang ditawar oleh IGI (ikatan Guru Indonesia).  SAGUSABLOG sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan dan mengelola Blog. Kegiatan ini sering dilakukan oleh IGI, dan hari saya punya kesempatan untuk ikut belajar bersama dalam memanfaatkan Blog. Selain waktu yang tepat karena adanya Social Distancing sehingga guru harus belajar dan mengajar dari rumah, kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh guru untuk belajar mandiri mengikuti perkembangan teknologi
Pendidikan adalah  hal yang sama sekali tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Di tangan guru kemajuan dan kemunduran suatu bangsa  tergantung pada maju dan mundurnya pendidikan yang merupakan wadah bagi guru untuk mentransfer ilmunya kepada peserta didik.  Dengan pendidikan, manusia akan mengetahui kebaikan dan keburukan dan menjadi manusia yang akhlakul karimah (akhlak yang mulia). Peradaban suatu bangsa akan bertahan dan semakin maju dengan sebab pendidikan yang lebih baik.
Seiring dengan berkembangnya teknologi dan informasi, guru juga tidak ketinggalan dalam merasakan dampak positif dari perkembangan teknologi. Mulai dari penunjang komunikasi keluarga, belajar mengajar, pekerjaan keseharian hingga penunjang bisnis dengan berbagai konsumen atau relasi. Bahkan penggunaan media elektronik seperti smart phone (ponsel pintar) sudah semakin menjamur sampai juga kepada kalangan anak-anak. Penggunaan smart phone (ponsel pintar) pada anak akan berakibat fatal apabila orang tua termasuk para pendidik tidak mengarahkannya dengan baik. Pengawasan dari orang tua dan guru juga penting.
Workshop Online SAGUSABLOG Lanjutan (41) ini  dilaksanakan secara online mulai tanggal 2-8 Juni 2020 terdiri dari 20 kelas dimana psesertanya dari berbagai provinsi dan kabupaten seluruh Indonesia. Saya melihat semangat dan antusias para guru dalam mengembangkan dirinya agar tidak ketinggalan zaman.
Workshop Online SAGUSABLOG Lanjutan (41) ini mengajak para pendidik untuk dapat memanfaatkan kemajuan di bidang teknologi khususnya Ponsel Pintar atau yang dikenal dengan android. Mengenalkan Media Pembelajaran berupa Blog dengan muatan berbagai materi dan latihan soal secara online merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengarahkan anak dalam kebaikan. Memberikan tugas-tugas online kepada anak dapat mengurangi pemanfaatan android secara tidak benar.
Setidaknya ada 5 (lima) manfaat blog bagi guru:
  1. Sebagai media untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman
  2. Sebagai wadah untuk mengasah dalam menulis
  3. Sebagai media aktualisasi diri
  4. Sebagai tempat untuk mendokumentasikan ide, gagasasan dan pemikiran guru
  5. Bisa juga digunakan sebagai wadah bisnis online sebagai penghasilan tambahan bagi guru

Ada 6 Materi yang dipelajari pada Kelas  Dasar SAGUSABLOG (yang belum pernah mengikuti workshop ini).

  1. Membuat blog guru dengan engine Blogger 
  2. Mengganti template blog guru dengan template dari pihak ketiga
  3. Mendesain header blog guru dengan Adobe Photoshop
  4. Mengelola dan menghias blog guru: Posting artikel, gambar, teks, video, Posting Laman, Posting artikel dengan pemenggalan paragraf, Membuat label/ kategori postingan, Menambahkan widget-widget penting seperti: popular post, Daftar link, Statistik Blog, Kategori, Membuat link dalam tulisan, Membuat link download dari google drive, Menyematkan dokumen di blog guru, Membuat menu dan sub menu blog guru, Mengedit slide gambar
  5. Membuat soal online di Google Drive
  6. Custom Domain dengan domain premium / domain gratis
  7. Monetize Blog
  8. SEO (Search Engine Optimization)



0 komentar:

Posting Komentar