Kamis, 15 Oktober 2020

SOSIALISASI PEMBATIK DAN RUMAH BELAJAR DI SD NEGERI NO. 104303 KP. IBUS KEC. SEI RAMPAH KAB. SERDANG BEDAGAI.

 Rabu, 14 Oktober 2020




Sore hari tanggal 13 Oktober 2020, saya chat Kepala Sekolah SD Negeri No. 104303 Bpk. Ramli, M.Pd bahwa saya akan sosialisasi tentang PembaTIK dan Rumah Belajar di sekolah tersebut, dan alhamdulillah Beliau langung setuju.

Keesokan harinya tanggal 14 Oktober 2020 sampailah di SD yang di tuju, ternyata ada beberapa guru PAI dan Budi Pekerti SD yang berasal dari sekolah lain, yang turut dalam kegiatan ini. Ketika SRB bertanya tentang PembaTIK, banyak guru yang belum tau tentang program pemerintah yang keren ini. Sehingga saya sebagai SRB 2020 memperkenalkan kepada para guru dan bagaimana cara mendaftar di PembaTIK. Dilanjutkan dengan menjelaskan tentang Portal Rumah Belajar baik dari Android maupun dari web. Kita semua langsung action mengunduh aplikasi Rumah Belajar serta menjelasakan fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengkaitkan mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan Radio Edukasi. Di dalam fitur pendukung Radio Edukasi (Pendidikan Karakter), pendidik dan orang tua bisa mendengarkan kepada anak-anak mereka tentang kisah-kisah para tokoh Islami seperti Abu Bakkar, Ali bin Abi Thalib, Bilal bin Rabbah dan masih banyak lagi kisah menarik di dalamnya. Hal ini akan membantu para peserta didik untuk mengenal para tokoh Islami tersebut serta meneladani sifat-sifat baik tokoh.

 
Kegiatan dilanjutkan dengan materi pembuatan bahan ajar dengan menggunakan aplikasi berbasis web yaitu Canva. Template-template yang disediakan secara gratis juga cukup menarik untuk dijadikan media pembelajaran.

 

 


Sore hari saya bertemu dengan Kepala Cabang Dinas Sei Rampah Bpk. Drs. Yeddi Efendi Sipayung, M.Pd untuk merencanakan kegiatan webinar Sosialisasi PembaTIK dan Rumah Belajar bagi seluruh guru SMA dan SMK yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai.

 

Elly Pasaribu, M.Pd SRB Sumut 2020 bersama Kepala Cabang Dinas Sei Rampah
Bpk. Drs. Yeddi Efendi Sipayung, M.Pd

Lokasi: Sei Rampah, Kec. Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar