Minggu, 07 Juni 2020

HYPNOTAHFIDZ, MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN METODE HYPNOSIS


Menghafal Al Quran


HYPNOTAHFIDZ
Mulai menjamurnya para penghafal al-Qur’an dalam pendidikan masyarakat baik di sekolah, pesantren ataupun lembaga yang khusus mencetak para tahfidz. hal ini tidak terlepas dari berbagai metode yang mereka ajarkan. Ada berbagai macam metode yang ditawarkan dan itu hanyalah alat bantu bukan sesuatu yang baku. Semuanya kembali lagi kepada pendidik dan peserta didik memilih, mana yang lebih mudah untuk diterapkan.
Dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, materi yang diajarkan mencakup tentang Al-Qur’an, Tauhid, Aqidah Akhlak, Ibadah, Muamalah, dan Sejarah (Qishah). Ketika membahas tentang ayat-ayat al-Quran, salah satu tujuan pembelajarannya adalah siswa mampu menghafal ayat yang sedang dibahas. Bagi peserta didik yang tidak terbiasa menghafal, mereka menemukan kesulitan. Masalah seperti ini sering ditemukan, sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai.
Beberapa pengalaman membuktikan bahwa meskipun diberi waktu yang lama, mereka (anak didik) terkadang masih belum bisa menampakkan hasil dari usahanya menghafal. Dan mereka acapkali mengeluhkan hal itu, bagaimana agar menghafal menjadi sesuatu yang mudah. Beberapa waktu yang lalu, penulis pernah mengikuti workshop hypnotahfidz dengan selogannya mengahafal semudah berbicara. Tentu ini akan sangat bermanfaat sekali jika bisa digunakan dan menjadi solusi bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam menghafal.
Hypnosis adalah salah satu cabang psikologi yang mempelajari pengaruh sugesti terhadap pikiran manusia dengan memanfaatkan alam bawah sadar sebagai penyimpan memori sebesar 88% atau sering disebut dengan ilmu untuk memprogram pikiran bawah sadar. Metode ini bisa digunakan untuk mencapai tujuan tertentu dalam berbagai bidang seperti parenting, ekonomi, belajar dan mengajar bahkan sampai melahirkan. Metode ini penting untuk dimiliki oleh siapapun demi untuk menunjang profesi masing-masing atau bahkan untuk dijadikan profesi baru, juga bisa dimiliki atau dikuasai oleh pengasuh, orang tua, pedagang, pengusaha, dan petugas kesehatan seperti dokter, bidan dan perawat. Metode ini dapat meningkatkan kemampuan serta kualitas diri masing-masing individu.
Sedangkan hypnotahfidz adalah salah satu metode hypnosis yang digunakan dalam bidang menghafal (Tahfidz). Metode ini merupakan pengembangan dari hypnosis yang sebelumnya telah digunakan dalam bidang hiburan dan pengobatan.
Penulis sendiri pernah menggunakan metode ini dalam kegiatan proses belajar mengajar dengan cara mengulang per kata secara lisan hingga lebih kurang sampai 15 kali kemudian menambah kata berikutnya secara berulang dan menggabungkannya, juga secara berulang. Kelebihan dari metode ini adalah bisa diterapkan kepada siswa yang belum bisa membaca al-Qur’an sekalipun karena lebih banyak menggunakan lisan, siswa hanya meniru apa yang diucapkan oleh guru.
Manfaat metode dengan pendekatan hypnotahfidz, antara lain:
  • Membantu peserta untuk menghafal lebih mudah dengan menghadirkan rasa nyaman dan meningkatkan fokusnya dalam menghafal.
  • Membantu peserta agar dapat lebih mudah memunculkan kembali hafalannya yang pernah lancar di masa lalu. Hafalan tersebut sesungguhnya masih ada, hanya saja mungkin tertutupi oleh sesuatu yang lebih baru dan dianggap lebih penting.
Pentingnya bagi guru untuk mempelajari metode hypnotahfidz ini sebagai penunjang dalam mengembangkan keprofesionalannya dalam mendidik, memperkaya khazanah, pengetahuan dan wawasan selaku pendidik anak-anak millenial.

0 komentar:

Posting Komentar