Senin, 21 September 2020

KULIAH UMUM PEMBATIK LEVEL 4 BERBAGI #2

 Hari Kedua, Selasa 15 September 2020

Materi 1 : KIAT SUKSES BAGI PARA PENDIDIK UNTUK BERKOMUNIKASI DENGAN PUBLIK

Oleh : Charles Bonar Sirait, SE, MM (Founder CBS Scholl of Communications dan Penulis Buku Best Seller “The Power of Publik Speaking”




Ceritakan yang paling dekat dengan diri kita sendiri, karena pasti kita punya cerita masing-masing dan yang jelas kita tau adalah diri kita sendiri karena inilah idealnya diri kita, tapi bukan berarti lantas orang lain harus menjadi seperti kita. Tidak. Hal ini bisa difilter lagi mana yang cocok sesuai dengan keadaan pendengar.

            Interaksi secara langsung saat berubah menjadi interaksi virtual saat pandemic civid 19 saat ini, sehingga sangat diperlukan sekali untuk mempelajari Public Speaking, agar apa yang disampiakan kepada pendengar menjadi lebih efektif dan mudah untuk dipahami.

 Lalu, yang dipelajari dalam public speaking? Yuk… lanjut baca..

 


1.       Memahami Pola Komunikasi Sederhana

Kuasai dulu pola yang sederhana paling tidak ada 3 (tiga) factor dalam suatu komunikasi yaitu Pengirim Pesan, Pesan dan Penerima Pesan.

 

Memimpin pada dasarnya adalah perkara mempengaruhi dan meyakinkan orang lain

 -Kate Ludeman, PH.D & Eddie Erlandson, M.D”-

 

Dan pendidik adalah pemimpin bagi para peserta didik yang membawa dan membimbing mereka menuju suatu pengetahuan. Dengan demikian pendidik harys mampu meyakinkan peserta didik tentang disiplin ilmu tertentu. Sebab jika seseorang tidak percaya dengan Sang Penyampai Pesan, maka pesan itu tidak akan tersampaikan kepada penerima pesan.

 

Pendidik adalah pusat perhatian publik dan harus memiliki kemampuan menarik perhatian publik. Pendidik juga harus mampu membuat publik “terjaga”.

 

Komunikasi adalah “to share”. Tepatnya komunikasi itu adalah berbagi, karena mungkin kata yang lebih enak dan nyaman di dengar adalah berbagi dibanding dengan kata mengajar. Tidak hanya sekedar berbicara, komunikasi juga menyampaikan ide dan gagasan serta perencanaan.

 

2.      Impactful Communication

Memiliki kekuatan komunikasi untuk mendapatkan rasa simpati

IMPACTFUL SYNONIM

            a. Affecting

            b. Emotional

            c. Moving

            d. Impressive

            e. Touching

 

3.      Persuasive Communication

Adalah kemampuan mempengaruhi dan mempersuasi alam bawah sadar pendengar. Pendidik adalah public opinion maker (pembuat opini publik).

 

4.      Personal Branding

Definisi “Personal Branding” menurut Hubert K. Rampersaad Penulis Buku “The Authentic

of Personal Branding” adalah proses dimana seseorang dan karirnya di-MEREK-kan

sebagai satu BRAND.

BRAND sendiri dapat diartikan sebagai penyimbolan segala sesuatu yang berhubungan

dengan informasi mengenai suatu perusahaan, produk atau jasa (sumber wikipedia).

Layaknya BRANDING suatu produk, PERSONAL BRANDING bertujuan untuk membangun :

Persepsi, Asosiasi dan Harapan (Ekspektasi) konsumen/klien terhadap diri kita.

Kalau selama ini yang kita tahu jualan itu produk atau servis (hard selling), maka personal

branding adalah ‘upaya untuk menjual’ kelebihan diri kita.

Sekali kita memutuskan membangun personal branding, berarti kita telah memutuskan

menjadi seseorang, dan menjadi seseorang itu memerlukan tingkat komitmen yang tinggi

(100%), ketulusan (100% tanpa pamrih), dan Emotional-Spiritual Quotient tinggi



Lokasi: Sei Rampah, Kec. Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar