Senin, 21 September 2020

APA ITU RUMAH BELAJAR?

 

Rumah Belajar adalah portal pembelajaran daring (dalam jaringan) yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Konten pembelajaran yang terdapat di dalamnya berbasis audio, gambar, video dan animasi yang disajikan secara interaktif. Portal Rumah Belajar ini dapat diakses secara GRATIS. Ini adalah bentuk inovasi pembelajaran dari pemerintah yang menyediakan beragam bahan belajar serta fasilitas komunikasi 



Rumah Belajar berisi lebih dari 12.934 materi belajar. Portal ini dapat dimanfaatkan oleh pendidik untuk mendukung proses belajar mengajar yang lebih interaktif baik secara daring maupun luring. Portal ini juga dapat digunakan oleh siswa sebagai bahan belajar alternatif, baik itu di dalam dan luar jam sekolah. 

Rumah Belajar ditujukan untuk siswa, guru, dan masyarakat luas, siapapun yang mau belajar. Manfaat Rumah Belajar bagi siswa adalah sebagai sumber belajar virtual, pengembangan kreativitas serta data portopolio siswa. Bagi Guru sebagai sumber referensi dan pembinaan profesi guru.  

Rumah Belajar memiliki kelebihan :

1. Menyediakan fasilitas belajar baik bagi siswa maupun bagi guru

2. Memiliki berbagai media pembelajaran (multimedia), teks, grafis, foto, video, audio, dan animasi

3. Menyediakan kumpulan soal yang lengkap baik untuk latihan maupun try out ujian

4. Guru dapat memodifikasi dan mereproduksi rancangan pembelajaran dan materi pembelajaran

5. Siswa dapat mengembangan jaringan komunikasi dan kreativitas

 



Di dalam Portal Rumah Belajar ada 4 fitur utama, yaitu Kelas Maya, Sumber Belajar, Bank Soal dan Laboratorium Maya.

Rumah Belajar menyediakan kelas digital (Kelas Maya) berbasis LMS atau Learning Management System yang bisa memafasilitasi proses belajar mengajar antara guru dan siswa melalui virtual atau tanpa tatap muka. Melalui fitur ini,  guru bisa memberikan bahan ajar dalam bentuk digital yang nantinya bisa diakses siswa kapanpun dan di manapun. Dalam Kelas Maya kemajuan proses belajar, dapat dipantau baik oleh guru, siswa, maupun orang tua. 

Sumber Belajar adalah fitur yang satu ini menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum dan terstruktur. Materi penyajiannya disampaikan dengan tampilan menarik, berupa gambar, video, simulasi, evaluasi, animasi, atau permainan.

Bank Soal adalah fitur yang menyediakan soal-soal,  Bank soal ini bisa menyerupai soal latihan, ulangan, atau ujian. Sedangkan Laboratorium Maya adalah   simulasi praktikum laboratorium yang pastinya dilakukan secara interaktif dan menarik. Selain bisa simulasi,  juga akan diberikan lembar kerja siswa dan teori praktikum. Laboratorium Maya bisa digunakan secara online maupun offline. Laboratorium maya memberikan kesempatan kepada guru ataupun siswa untuk melakukan praktikum baik melalui internet secara langsung atau tanpa akses internet dengan cara mengunduh atau mendownload aplikasi laboratorium maya tersebut sehingga guru ataupun siswa dapat menggunakan laboratorium virtual ini dimana saja dan kapan saja.

Di dalam portal Rumah Belajar juga terdapat sejumlah fitur pendukung yang sangat menarik seperti Peta Budaya, Buku Sekolah Elektronik, Wahana Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan serta Edugame yang bias menjadi alternatif untuk para siswa yang tidak dapat membeli buku fisik, atau pun sebagai tambahan referensi acuan belajar selain dari buku yang telah dimiliki.



 

Lokasi: Sei Rampah, Kec. Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar